Persib Masuk Pasar Modal?

– Persib dinilai memiliki potensi besar untuk bisa masuk ke pasar modal didukung oleh jumlah bobotoh yang sangat besar. Selain memiliki jumlah pendukung yang besar, klub sepak bola harus memiliki daya tarik agar masyarakat tertarik membeli sahamnya, yakni harus memiliki laba dan Laporan keuangan harus Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).
Untuk ke pasar modal, tidak mesti IPO tetapi juga ada obligasi. Namun, tentunya harus ada hitungannya, kata PH Kepala Kantor Perwakilan Bandung BEI Achmad Nugraha, kepada Pikiran Rakyat di Bandung, Selasa 7 Maret 2017.
Pernyataan tersebut muncul setelah Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio mengatakan, sejumlah klub sepak bola di Indonesia dikabarkan memiliki minat merambah pasar modal melalui IPO. Setidaknya sudah ada 2 klub sepak bola yang telah menyatakan minatnya untuk merumput di bursa saham.
Tito, meski masih merahasiakan nama dari klub sepak bola tersebut, memberikan gambaran bahwa klub yang dimaksud sudah merumput di liga besar di Tanah Air. Selain itu, klub tersebut berasal dari Pulau Jawa.
Hanya, minat dari klub sepak bola tersebut terbentur permasalahan pembukuan keuangan. Permasalahan tersebut karena klub sepak bola di Indonesia masih menganggap pemainnya sebagai beban operasional karena ada pengeliuaran gaji.

Achmad Nugraha mengungkapkan, adanya informasi mengenai kemungkinan Persib masuk ke pasar modal sudah berembus sejak 2012 . Hanya menurutnya, belum ada penjajakan yang lebih serius dilakukan.
Sebetulnya klub sepak bola yang menjadi emiten di pasar modal bukanlah hal baru di luar negeri. Beberapa klub seperti Manchster United dan Liverpool sudah melakukannya. Untuk Persib sendiri kemungkinannya bisa melakukan karena bentuknya sudah PT, kata Achmad.
Dari sisi aturan main, Achmad memaparkan, di bursa ada dua papan, yakni papan utama yang mensyaratkan harus memiliki aset Rp 100 miliar dan beroperasi minimal 36 bulan. Kemudian, ada papan kedua yakni papan pengembangan dengan syarat aset yang dimiliki minimal Rp 5 miliar dan telah beroperasi selama 12 bulan.
Bahkan di papan pengembangan ini, meskipun sedang merugi masih bisa listing. Namun, dengan catatan dalam 1-2 tahun kedepan diproyeksikan akan memperoleh keuntungan, katanya.***

uggbootsshoessale.com kiu kiu Sumber: Pikiran Rakyat