Bupati Banyuwangi Ingin Bertemu Tony Fernandes, Ada Apa?

Solid Gold Banyuwangi Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi meningkatkan status Blimbingsari menjadi Bandara Internasional. Salah satunya Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, mencoba bertemu CEO AirAsia, Tony Fernandes.

Tujuannya, menawarkan rute internasional AirAsia bisa masuk ke Bandara Blimbingsari Banyuwangi.

“Kami ingin bertemu langsung dengan Tony Fernandes CEO AirAsia. Kita manfaatkan menjaring relasi sebagai upaya pembangunan di Banyuwangi,” ujar Bupati Anas kepada detikcom, Rabu (19/7/2017).

Rencananya, Anas mau bertemu Tony Fernandes saat menghadiri undangan dari pemerintah Malaysia pada 910 Agustus 2017.

“Perlengkapan lain bisa disiapkan. Seperti Custom (kepabeanan), Imigrasi dan Karantina. Kita akan koordinasi dengan mereka,” tambahnya.

Sementara itu, rencananya terminal Bandara Blimbingsari akan segera dioperasikan. Menyusul adanya kunjungan dari perwakilan Angkasa Pura II (AP II) yang rencananya akan mengambilalih operasional bandara yang dibangun melalui dana APBD Kabupaten dan Provinsi Jawa Timur ini.

“Rencananya kita akan trial and error pada Juli ini. Ada beberapa perbaikan dan penyesuaian bangunan di terminal Bandara. Ini disesuaikan dengan permintaan AP II,” ujar Mujiono, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya dan Penataan Ruang Kabupaten Banyuwangi kepada detikcom.

Beberapa perubahan dan perbaikan ini dilakukan menyesuaikan faktor keamanan dan kenyamanan bandara. Salah satunya adalah perbaikan pintu masuk bandara yang dinilai terlalu sempit untuk penempatan Xray. Tak hanya itu, ruangan check in bandara juga diperluas.

“Sambil kita operasikan kita juga benahi bandara ini sesuai dengan usulan dan permintaan AP II,” tambah Mujiono.